Blog pencinta badminton. Berisi berita, sejarah dan artikel everlasting tentang badminton.

Mengenal Jenis Turnamen BWF (2)


Sebelumnya telah dikenalkan Grade 1 atau Turnamen Kelas 1 yang dikeluarkan oleh BWF yang lebih menekankan nilai prestasi atau prestise secara nasional atau Tim.  Kali ini kita akan mengenal Turnamen Grade 2 atau kelas 2 yang prestasi dan prestisenya akan terangkat secara otomatis secara perorangan, walau tidak memungkiri akan memberi dampak prestasi negara,

Dalam Kelas 2 turnamen BWF ini ada 27 turnamen yang dibagi menjadi lima level: Level 1 Final Tur Dunia HSBC, Level 2 disebut Super 1000 (tiga turnamen), Level 3 disebut Super 750 (lima turnamen), Level 4 disebut Super 500 (tujuh turnamen) dan Level 5 disebut Super 300 (11 turnamen). 

Masing-masing turnamen ini menawarkan poin peringkat yang berbeda dan hadiah uang. Poin tertinggi dan kumpulan hadiah ditawarkan di level Super 1000. 

Satu kategori turnamen lainnya, BWF Tour Super 100 level 6, juga menawarkan poin peringkat Tur Dunia BWF. Meskipun level ini bukan bagian dari Tur Dunia BWF HSBC, ini adalah bagian penting dari jalur dan titik masuk bagi para pemain ke dalam turnamen Tur Dunia BWF HSBC. Jika turnamen kelas 2 Level 6 dari BWF Tour Super 100 disertakan, tur lengkap terdiri dari 38 turnamen 

Berikut sesuai urutannya:

The BWF World Tour Finals , atau secara resmi dikenal HSBC BWF World Tour Finals, adalah turnamen bulutangkis tahunan yang diselenggarakan pada akhir tahun di mana para pemain dengan poin terbanyak dari 37 peristiwa yang tahun kalender dari BWF Tur Dunia bersaing untuk mendapatkan total hadiah uang minimal US $ 1.500.000. Negara terakhir sebagai penyelenggara yaitu Guang Zhou China


  • Level 2: BWF World Tour Super 1000
Sebagai turnamen dengan level dua tertinggi, hanya ada 3 negara yang beruntung dipercaya oleh BWF dalam menyelenggarakan turnamen ini. 
Mereka adalah:
1. Indonesia (Indonesia Open)
2. Inggris (All England)
3. Tiongkok (China Open)

Turnamen ini menyediakan hadiah dengan total minimal US $ 1juta.

  • Level 3: Tur Dunia BWF Super 750
Level ketiga ini memperebutkan hadiah total USD 700,000. Di level ini hanya ada lima negara yang menyelenggarakan yaitu: 
1. China, (China Masters)
2. Denmark, (Denmark Open)
3. Prancis, (French Open)
4. Malaysia (Malaysia Open) dan 
5 Jepang (Japan Open)

  • Level 4: Tur Dunia BWF Super 500


Total Prize Money di level ini adalah setengah dari total hadiah di level Super 750 yakni sebesar minimum 350 ribu dollar AS saja. Tercatat ada 7 negara yang menjadi penghuni di level ini dan Indonesia juga patut bersyukur karena selain di level 1000 juga dipercaya untuk menyelenggarakan Super 500. Penasaran apa saja negaranya? Ini dia daftarnya!

1. Indonesia (Indonesia Masters)
2. India (India Open)
3. Hongkong (Hongkonh Open)
4. Korea Selatan (Korea Open)
5. Malaysia (Malaysia Masters)
6. Singapura (Singapore Open)
7. Thailand (Thailand Open)

  • Level 5: Tur Dunia BWF Super 300
Berlanjut ke level berikutnya adalah BWF Super 300. Dalam level ini total prize moneynya adalah sebesar min.150 ribu dollar AS. Mayoritas dari negara penyelenggara di turnamen ini adalah negara yang badminton bukan olahraga yang terlalu populer di negaranya. Yang menarik, Spanyol yang biasanya menyelenggarakan level IC menjadi tuan rumahnya! 

1. Australia (Australia Open)
2. Taiwan (Chinese Taipei Open)
3. Jerman (Jerman Open)
4. Selandia Baru (New Zealand Open)
5. India (India Open)
6. Korea Selatan (Korea Masters)
7. Spanyol (Spain Masters)
8. Macau (Macau Open)
9. Swiss (Swiss Open)
10. Thailand (Thailand Masters)
11. Amerika (US Open)

  • Level 6: Tur BWF Super 100
Level berikutnya dalam Tur BWF Super 100. Hadiah yang diperebutkan dalam turnamen tipe ini yaitu USD 75,000. Invitasi dari turnamen ini biasanya diikuti oleh pebulutangkis non utama di negara masing-masing, dengan harapaan menambah jam terbang kompetisi dan juga menambah poin dalam peringkat BWF. Negara-negara yang menyelenggarakan turnamen level ini yaitu:
1. Prancis (Orleans Masters)
2. China (Lingshui China Masters)
3. Kanada (Canadian Open)
4. Jepang (Akita Masters)
5. Rusia (Russian Open)
6. Vietnam (Vietnam Open)
7. India (Hyderabad Open)
8. Indonesia (Bangka Belitung Indonesia Masters)
9. Belanda (Dutch Open)
10. Jerman (SaarlorLux Open)
11 Skotlandia (Scottish Open)

Advertisement kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini /*

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget