Blog pencinta badminton. Berisi berita, sejarah dan artikel everlasting tentang badminton.

Mengenal Turnamen BWF (1)


Federasi Badminton Dunia atau BWF, Badminton World Federation, yang berdiri tahun 1934 dan berkantor di Kuala Lumpur Malaysia, secara resmi telah meperbahurui sistem turnamen dan kejuaraan badminton sejak tahun 2017 dan berlaku secara tetap pada tahun 2018. Sistem turnamen ini menggantikan sistem yang lama yang sudah berlaku sejak tahun 2007 hingga  2017

Secara umum BWF membagi turnamen ke dalam 3 grade/kelas yang rutin diikuti anggota-anggotanya, yaitu

Grade Satu
BWF secara teratur menyelenggarakan tujuh acara bulutangkis internasional utama dan satu acara untuk para-bulutangkis pada level kelas satu ini yaitu:

Pertandingan Olimpiade bekerja sama dengan Komite Olimpiade Internasional
Badminton memulai debutnya di Olimpiade Musim Panas 1992 dan telah diperebutkan di tujuh Olimpiade. 69 negara berbeda telah muncul dalam kompetisi badminton olimpiade. Dan sebanyak 19 negara yang pernah mengikutinya dari awal.



Kejuaraan Dunia
The BWF World Championship (sebelumnya dikenal sebagai  Kejuaraan Dunia IBF) adalah turnamen bulutangkis diselenggarakan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Turnamen ini menawarkan poin peringkat terbanyak , bersama dengan Olimpiade Musim Panas. Para pemenang akan dinobatkan sebagai "Juara Dunia" dan diberikan medali emas. Namun, ia tidak menawarkan hadiah uang.
Logo Piala Duia Bulutangkis saat masih di bawah IBF


Turnamen ini dimulai pada tahun 1977 dan diadakan setiap tiga tahun sekali hingga tahun 1983 . Mulai tahun 1985 , turnamen menjadi dua tahunan dan dimainkan sekali setiap dua tahun hingga 2005 . Mulai tahun 2006, turnamen diubah menjadi acara tahunan di kalender BWF dengan tujuan untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi para pemain untuk dinobatkan sebagai "Juara Dunia" resmi. Namun, turnamen tidak akan diadakan setiap empat tahun sekali untuk memberi jalan ke Olimpiade Musim Panas

Kejuaran Dunia Yunior
The BWF World Junior Championships (juga dikenal sebagai World Junior Badminton Championships ) adalah turnamen yang diselenggarakan untuk mahkota Pemain Yunior Terbaik  (U-19) di dunia. Kejuaraan ini diadakan setiap tahun dan terdiri dari dua kompetisi terpisah: kejuaraan tim campuran (Piala Suhandinata) dan kejuaraan individu (Eye Level Cups). 




Prekursor kejuaraan adalah World Junior Invitational Bimantara  yang diadakan di Indonesia dari tahun 1987 hingga 1991. Pada tahun 1992, Federasi Bulu Tangkis Internasional atau IBF (sebelumnya bernama Federasi Bulu Tangkis Dunia atau WBF) memulai Kejuaraan Dunia IBF pertama di Jakarta, Indonesia. BWF kemudian memutuskan kejuaraan akan diadakan setiap tahun dan beralih setiap dua tahun dimulai dari edisi 2007.

Kejuaraan Dunia Para-Badminton
The Para-Badminton Championships Dunia adalah event dua tahunan individu yang diselenggarakan oleh BWF . Pemain para-bulutangkis berperingkat tertinggi bersaing dalam enam Kelas Olahraga dalam lima kategori. Kejuaraan ini diselenggarakan di bawah Para Badminton World Federation (PBWF) sebelum memutuskan untuk bergabung dengan BWF pada Juni 2011.




Piala Thomas
The Thomas Cup , kadang-kadang disebut Kejuaraan Dunia Putra, adalah kompetisi bulutangkis  antara tim putra yang mewakili negara-negara anggota Badminton World Federation (BWF). Kejuaraan telah dilakukan setiap dua tahun sejak turnamen 1982 , diubah dari yang dilakukan setiap tiga tahun sejak turnamen pertama diadakan pada 1948-1949 .

Fase terakhir dari turnamen ini melibatkan dua belas tim yang bersaing di venue di negara tuan rumah dan dimainkan bersamaan dengan fase terakhir kejuaraan tim wanita dunia, Piala Uber (pertama kali diadakan pada 1956–1957 ). Sejak 1984 kedua kompetisi telah diselenggarakan bersama di berbagai tahap permainan.


Dari tiga puluh turnamen Piala Thomas yang diadakan sejak 1948–1949, hanya lima negara yang memenangkan gelar. Indonesia adalah tim yang paling sukses, setelah memenangkan turnamen tiga belas kali. Tiongkok, yang baru mulai bersaing hingga seri 1982, mengikuti Indonesia dengan sepuluh gelar, sedangkan Malaysia telah memenangkan lima gelar. Jepang dan Denmark sama-sama baru memilikinya satu kali. Piala Thomas mungkin merupakan acara bulutangkis putra "terbesar" dan paling bergengsi di dunia dalam hal minat pemain dan penggemar.


Jepang menjadi negara keempat yang memenangkan Piala Thomas setelah mengalahkan Malaysia 3–2 di final 2014 . Secara tradisional, Piala Thomas selalu dimenangkan oleh negara-negara Asia sampai Denmark menjadi negara kelima dan negara Eropa pertama dalam sejarah yang memenangkan Piala Thomas setelah mengalahkan Indonesia 3-2 di final 2016 .

Piala Uber
The Uber Cup, kadang-kadang disebut Kejuaraan Dunia Beregu Wanita, adalah kompetisi besar bulutangkis internasional yang diperebutkan oleh tim bulu tangkis nasional wanita. Pertama kali diadakan pada tahun 1956–1957 dan diperebutkan dalam interval tiga tahun, dan menjadi setiap dua tahun sejak tahun 1984 ketika waktu dan tempat yang dijadwalkan digabung dengan waktu Thomas Cup. Piala Uber dinamai setelah mantan pemain bulutangkis wanita Inggris, Betty Uber, yang pada tahun 1950 memiliki gagasan untuk menyelenggarakan acara wanita yang serupa dengan pria. Ia juga membuat undian untuk turnamen perdana 1956–1957 , yang berlangsung di Lytham St. Annes di Lancashire , Inggris .


Piala mengikuti format yang mirip dengan kompetisi putra Piala Thomas. Pada turnamen 2018, Cina adalah tim yang paling sukses, setelah menang empat belas kali. Jepang kedua, setelah menang enam kali, diikuti oleh Indonesia dan Amerika Serikat , masing-masing dengan tiga piala.

Sudirman Cup
Piala Sudirman adalah kejuaraan bulutangkis tim campuran dunia yang berlangsung setiap dua tahun. Dulu diadakan bersamaan dengan Kejuaraan Dunia IBF di tahun yang sama sampai Federasi Bulu Tangkis Internasional itu memutuskan untuk membagi dua turnamen mulai dari tahun 2003. Ada lima pertandingan di setiap babak: tunggal putra dan putri, tunggal putra dan ganda wanita dan ganda campuran. Piala ini dinamai Dick Sudirman , mantan pemain bulutangkis Indonesia dan pendiri Asosiasi Bulutangkis Indonesia (PBSI). Turnamen Piala Sudirman pertama berlangsung di Stadion Bung Karno , Jakarta Pusat ,Indonesia pada 24 Mei - 29 Mei 1989.


Tidak ada hadiah uang di Piala Sudirman. Para pemain bermain untuk negara mereka masing-masing dan untuk mendapatkan poin peringkat dunia BWF dan prestise nasional.

Kejuaraan Senior Dunia
Kejuaraan Senior Dunia BWF diadakan setiap dua tahun. Ini adalah kejuaraan individu dengan tunggal dan ganda putra dan putri, dan ganda campuran. Kategori umur dibagi sebagai berikut: +35, +40, +45, +50, +55, +60 +65, +70 dan +75.



Kejuaraan Senior Dunia adalah acara individu bergengsi untuk para pemain. Pemenang dari setiap kategori dianugerahi medali emas dan dinobatkan sebagai Juara Dunia Senior dalam kategori usia khusus mereka. Runner-up mendapat medali perak sedangkan pemenang tempat ketiga mendapat medali perunggu. Asosiasi Anggota diundang untuk memasukkan hingga empat pemain/pasangan di masing-masing dari lima kelas di setiap kategori umur

Bersambung Mengenal Turnamen BWF (2)
Advertisement kode Iklan yang sudah diparse, letakkan disini /*

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget